Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Putu Tegal Empuk Manis Paling Enak

Resep Putu Tegal Empuk Manis - Kue Putu Tegal adalah salah satu kue asli Indonesia yang berisikan pisang dengan rasa manis dan tekstur yang empuk serta juga lembut. Putu Tegal sendiri adalah jajanan kue pasar yang biasa dijual di pasar-pasar tradisional atau toko kue pinggir jalan. Jadi, untuk menemukannya sendiri tidaklah susah. Penggemar dari putu tegal ini sangat amat banyak, sebab kue ini sudah ada sejak dahulu kala hingga sekarang, jadi tidak heran jika penggemarnya banyak. Penggemar dari kue putu tegal ini juga terdiri dari berbagai kalangan, mengingat harga putu tegal ini relatif murah.

Resep Putu Tegal memang sudah banyak berkembang. Buktinya, banyak sekali variasi jenis dari putu tegal ini, seperti putu tegal isi coklat hingga berisikan keju. Namun, untuk kali ini kami membuatnya secara traidiosnal dengan bentuk aslinya. Dengan berisikan pisang raja yang manisnya sangat alami itu, kue putu tegal ini jadi memiliki rasa yang lezat, terlebih lagi dibantu oleh parutan kelapa yang gurih itu.

Resep Putu Tegal

Resep Putu Tegal

Kue Putu Tegal ini sendiri adalah kue yang terkenal dibuat di jawa tengah, jadi keberadaannya di pulau jawa ini sudah sangat menjamur. Dan untuk anda yang sedang berada di luar pulau jawa pasti akan sedikit kesulitan untuk mendapatkanya. Namun, tenang saja, karena kami sudah membagikan resepnya dibawah ini, jadi kalian bisa membuatnya sendiri dirumah. Silahkan simak saja mengenai resep dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan:
  • 500 gram tepung ketan
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sisir pisang raja, potong serong
  • 1 butir kelapa, parut saja
  • Secukupnya air hangat untuk adonan
Cara Membuat Putu Tegal:
  1. Campurkan tepung ketan, garam, dan gula pasir, aduk-aduk hingga tercampur menjadi satu.
  2. Uleni adonan sambil dituangi air hangat, uleni terus hingga adonan menjadi kalis.
  3. Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan pisang raja, tutup, lalu gulung-gulung hingga berbentuk lonjong. Lakukan cara ini hingga adonan habis.
  4. Didihkan air dalam panci, rebus adonan dalam air mendidih hingga mengapung dan matang, angkat.
  5. Letakan adonan diatas kelapa parut, lalu guling-guling kan hingga menempel rata.
  6. Sajikan putu tegal ini selagi hangat.

Selesai sudah kita dalam membuat kue tradisional putu tegal ini. Jika anda mau, anda juga bisa mencampurkan kue putu tegal ini dengan sedikit gula pasir. Kue Putu Tegal ini juga sangat enak disantap ketika masih hangat, sajikan juga bersama dengan teh manis hangat untuk melengkapi sajian anda di pagi hari ini. Baca juga resep olahan kue tradisional kami lainnya, yaitu Resep Getuk Lindri dan Resep Kue Cucur Gula Merah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :