Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Membuat Kue Cucur Gula Merah Enak

Resep Membuat Kue Cucur - Kue dengan warna sedikit gelap atau bisanya kemerahan ini adalah salah satu kue Tradisional yang sudah ada sejak lama, keberadaannya di Indonesia ini pun sudah tidak diragukan lagi, mungkin hampir di setiap pasar tradisional atau toko kue basah menjual kue cucur gula merah manis ini. Rasanya yang manis dan sedikit gurih ini mampu membuat orang menjadi menyukainya, terlebih lagi teksturnya yang sedikit kenyal dan lembut itu membuatnya mudah untuk disantap.

Bentuk dari kue cucur ini memang bisa dibilang sedikit aneh, bagaimana tidak, pinggiran dari kue cucur ini seperti sebuah gumpalan yang berwarna sedikit gosong, namun terlepas dari tadi rasanya sendiri masih tetap manis dan sedikit gurih. Seperti diketahui juga, kue cucur ini adalah salah satu kue yang berasal dari daerah jawa tengah, jadi bagi anda yang berada di situ, pasti sudah tidak asing lagi jika melihatnya maupun mengetahui bagaimana rasanya.

resep kue cucur

Resep Kue Cucur

Mungkin bisa saja anda membeli kue cucur ini di pedagan kue basah atau toko kue basah, namun pastinya jika anda berada disini, anda ingin mencoba membuat kue cucur ini sendiri dirumah bukan. Nah, tepat sekali, karena di bawah ini sudah kami bagikan mengenai bahan dan cara membuatnya dengan lengkap. Silahkan praktekan dengan hati-hati ya.

Bahan:
  • 150 gram tepung beras berkualitas
  • 50 gram tepung terigu berprotein tinggi
  • 150 gram gula merah
  • 3 lembar daun pandan, silangkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 mili air bersih
  • Minyak goreng
Cara Membuat Kue Cucur:
  1. Langkah pertama adalah, rebus terlebih dahulu air, daun pandan, dan gula merah. Masak hingga gula larut kedalam air sambil diaduk-aduk. Angkat, saring dari ampasnya, diamkan hingga cairan gula merah ini menjadi hangat.
  2. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam. Aduk-aduk merata, kemudian sambil dituangi dengan air gula uleni lah hingga adonan menjadi lebih kental. Diamkan adonan selama kurang lebih 25 menit.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tunggu hingga minyak benar-benar panas, masukan adonan kedalam wajan penggorengan, siram-siram dengan minyak supaya matang merata. Lalu tusuk-tusuk adonan dalam wajan menggunakan tusuk gigi, lalu sirami lagi dengan minyak.
  4. Setelah kue cucur ini dirasa sudah matang, angkat, dan lakukan cara yang sama hingga adonan habis.
  5. Note: jika minyak mulai berkurang tambahkan minyak lagi, lalu tunggu hingga benar-benar panas. Supaya hasilnya juga akan memuaskan.

Jika anda kurang suka menggunakan kayu manis pada resep kue cucur ini, bisa dilewati saja, karena menurut saya tidak ada bedanya mengenai rasa yang dihasilnya baik itu tidak atau memakai kayu manis. Dan jika anda ingin mencoba untuk membuat kue basah atau kue tradisional lainnya, kami juga masih mempunyai resepnya loh seperti Resep Bolu Karamel Sarang Semut dan Resep Kue Klepon isi Kelapa ini, silahkan dicoba juga yah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :