Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Kue Lupis Ketan Saus Gula Merah Enak

Resep Kue Lupis Ketan - Kue Lupis ini adalah salah kue basah jajanan tradisional asli nusantara. Keberadaannya di pulau jawa sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab, kue lupis ini lahir dan tercipta di pulau jawa, baik itu jawa barat, jawa tengah, maupun jawa timur. Rasa dari masing-masing ketiga provinsi tersebut sebenarnya tidak ada perbedaan yang singifikan, karena rasanya masih sama seperti kue lupis pada umumnya. Tingkat ke populeran dari kue lupis ini juga tidak pernah lekang oleh waktu, sebab dari dahulu hingga kini, kue lupis ini masih menjadi jajanan pasar yang banyak diminati oleh orang.

Kue Lupis ini juga dibuat dalam bentuk segitiga, menurut kami itu adalah bentuk kue yang cukup unik untuk ukuran kua basah. Dalam penyajiannya, kue lupis ini juga disajikan bersama dengan taburan kelapa parut lalu disiram dengan saus atau kuah gula merah yang manis dan juga beraroma pandan. Dengan begitu, maka tidak heran jika peminat atau penggemar kue lupis tradisional ini cukuplah banyak.

Resep Kue Lupis

Resep Kue Lupis

Dalam cara membuat Resep Kue Lupis ini juga terbilang cukup mudah, karena anda hanya perlu melakukan beberapa langkah dan jadilah kue lupis. Namun, walaupun cara buatnya mudah, anda tetap harus fokus dan teliti saat membuat kue lupis ini, supaya hasilnya bisa maksimal. Baik, mungkin langsung saja untuk kalian yang ingin mencoba membuat kue lupis ini sendiri dirumah, silahkan simak saja berikut mengenai langkah-langkah dan bahan-bahan yang dibutuhkan dibawah ini.

Bahan:
  • 250 gram beras ketan putih
  • 1/4 butir kelapa, parut saja
  • 1/3 sendok teh garam
  • beberapa lembar daun pisang
  • lidi untuk menyemat
Bahan Saus Gula Merah:
  • 250 gram gula jawa
  • 6 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh vanilli
  • 1/3 sendok teh garam
  • 200 mili air
Cara Membuat Kue Lupis:
  1. Rendam terlebih dahulu beras ketan didalam air bersih selama kurang lebih 2 jam, angkat, tiriskan. Kemduian campurkan beras ketan dengan garam, aduk merata, lalu bungkus dengan daun pisang dan bentuk segitiga, lalu sematkan bagian tengahnya dengan lidi.
  2. Kukus didalam panci kukus dengan air banyak, selama kurang lebih 1,5 jam dengan api sedang hingga matang, angkat.
  3. Saus Gula Merah: Didihkan 200 mili air, gula merah, dan daun pandan, setelah mendidih masukan vanilli dan garam, aduk-aduk hingga cukup mengental, angkat.
  4. Siapkan piring saji, letakan kue lupis, lalu taburi dengan kelapa parut dan siram dengan saus gula merah.
  5. Sajikan kue lupis ketan saus gula merah ini.

Nah, begitulah kurang lebihnya mengenai ulasan kami tentang resep kue lupis ketang saus kinco gula merah manis enak ini. Kue Lupis ini juga enak disantap ketika hangat maupun dingin, jadi anda tidak perlu terburu-buru dalam menyantapnya. Baik, mungkin itu saja ulasan mengenai resep kue lupis yang bisa kami berikan, semoga bisa membantu anda. Baca juga resep kue basah tradisional kami lainnya, seperti Resep Kue Cenil dan Resep Kue Talam ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :