Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Kue Talam Lembut Super Enak

Resep Kue Talam Lembut - Kue Talam ini adalah jenis kue basah yang terbuat dari ubi yang dicampurkan tepung beras, tepung tapioka, dan juga santan. Kue Talam ini sendiri termasuk kue tradisional yang sudah ada sejak dahulu kala, jadi tidak heran jika banyak sekali jumlah penggemar dari kue talam ini. Tidak heran memang jika kue talam banyak disukai oleh orang, sebab, selain teksturnya yang empuk dan lembut, rasa dari kue talam ini juga manis, dan manisnya itu tidak berlebihan.

Sebetulnya tidak hanya rasa manis yang ada pada kue talam ini, sebab, rasa gurih dari adonan santannya juga sangat terasa, dan itu juga sangat enak. Bentuk dari kue lama ini memang unik, selain itu juga penampilan dari kue talam juga ini juga menarik, yang bisa membuat orang yang melihatnya pasti ingin mencicipinya.

Resep Kue Talam

Resep Kue Talam

Walaupun kue talam ini banyak dijual di toko kue atau pasar tradisional, namun jika anda berada disini, pastinya anda ingin membuatnya sendiri bukan? Baik, mungkin langsung saja untuk anda yang ingin mencoba membuat Resep Kue Talam ini, silahkan simak saja berikut mengenai bahan-bahan dan langkah-langkah membuatnya di bawah ini.

Bahan Adonan Ubi:
  • 200 gram ubi kuning
  • 70 gram tepung tapioka
  • 30 gram tepung beras
  • 150 mili santan segar
  • 100 gram gula pasir
Bahan Adonan Santan:
  • 175 mili santan kental
  • 20 gram tepung tapioka
  • 30 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh garam
Cara Membuat Kue Talam:
  1. Adonan Ubi: Kukus ubi terlebih dahulu didalam panci kukusan hingga matang, angkat. Haluskan ubi dengan cara ditumbuk hingga benar-benar halus.
  2. Campurkan ubi halus bersama tepung tapioka, tepung beras, gula pasir, dan satan segar, kemudian aduk-aduk hingga tercampur merata. Setelah itu, saring adonan, buang serat ubinya.
  3. Adonan Santan: Campurkan santan kental, tepung tapioka, tepung beras, dan garam, aduk-aduk saja hingga tercampur menyantu.
  4. Siapkan cetakan kue talam, olesi dengan sedikit minyak, isi dengan adonan ubi hingga 3/4 penuh, kukus didalam panci hingga selama 10 menit.
  5. Bukan panci kukusan, tuangkan adonan santan kedalam cetakan hingga penuh, kukus lagi selama 15 menit hingga matang, angkat.
  6. Sajikan kue talam ini selagi hangat.

Nah, itu lah kurang lebihnya ulasan dari kami mengenai resep dan cara membuat kue talam ini. Bagaimana menurut anda, mudah sekali untuk dilakukan bukan? Baik, jika begitu, mungkin cukup sekian pembahasan mengenai resep kue talam ini, semoga bisa membantu anda ya. Jangan lupa juga untuk mencoba resep kue lainnya dari kami, silahkan coba Resep Kue Carabikang dan Resep Putu Tegal ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :