Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Kue Cenil Enak Kenyal Manis Sederhana

Resep Kue Cenil Enak Kenyal Manis - Kue Cenil adalah salah satu kue tradisional atau bisa disebut juga sebagai jajanan pasar yang memiliki rasa enak. Kue Cenil ini sendiri jarang sekali ditemui di beberapa daerah di Indonesia, hanya daerah-daerah tertentu yang sebagian warganya membuat kue satu ini. Walaupun kurang begitu terkenal disebagian daerah, namun rasa dari kue cenil ini sangatlah khas, dan tidak dapat kita temui dimana pun. Dan kami juga menyarankan anda untuk mencoba juga kue basah tradisional satu ini.

Dalam penyajian kue cenil ini juga cukup unik, sebab, adonan kue cenil yang terlebih dahulu direbus hingga matang itu, kemudian dicampurkan bersama dengan kelap parut gurih dan juga gula pasir yang manis. Tentu dengan penampilannya yang seperti itu akan membuat orang yang melihatnya akan tertarik untuk mencoba dan mencicipi kue cenil ini. Walaupun untuk mendapatkan kue cenil ini terbilang cukup sulit, tapi sekarang anda bisa membuatnya dengan bantuan resep dari kami, jadi anda tidak perlu lagi repot-repot mencarinya.

Resep Kue Cenil

Resep Kue Cenil

Resep Kue Cenil ini juga sebanarnya sangatlah mudah cara membuatnya, bagi anda yang gagal membuatnya, mungkin anda kurang teliti atau resep yang anda ikuti kurang terpecaya. Baik, mungkin langsung saja untuk anda yang sudah tidak sabar ingin mencoba membuat kue cenil dan mencicipinya. Akan langsung kami berikan saja mengenai bahan yang dibutuhkan, resep, dan juga cara membuatnya berikut di bawah ini.

Bahan:
  • 150 gram tepung tapioka
  • 70 gram tepung tapioka
  • secukupnya pewarna makanan merah dan hijau
  • 1/2 buah kelapa
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya air hangat
Cara Membuat Kue Cenil:
  1. Parut kelapa, kemudian kukus didalam panci kukus selama 10 menit, angkat.
  2. Campurkan secukupnya air hangat bersama dengan 70 gram tepung tapioka, kemudian aduk-aduk hingga terlihat cukup encer, lalu rebus diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga adonan terlihat cupuk mengental, angkat.
  3. Campurkan adonan bersama dengan 150 gram tepung tapioka, lalu uleni hingga kalis. Bagi adonan menjadi dua, kemudian beri masing-masing adonan dengan pewarna merah dan hijau, aduk hingga tercampur rata.
  4. Ambil sedikit adonan lalu bentuk lonjong memanjang atau sesuai selera anda hingga semua adonan terbentuk. Kemudian rebus adonan kue cenil dalam air mendidih hingga mengapung dan matang, angkat.
  5. Guling-gulingkan kue cenil diatas kelapa parut hingga menempel rata, kemudian taburi dengan gula pasir.
  6. Sajikan kue cenil dalam piring saji.

Seperti itulah ulasan kami mengenai resep kue cenil enak kenyal manis sederhana ini yang bisa kami bagikan untuk anda, dan semoga bisa bermanfaat ya sob. Dalam penyajiannya, kue cenil ini paling enak disantap ketika sudah dingin, menikmatinya bersama dengan teh manis hangat seperti akan membuat sajian kue cenil ini menjadi lebih lengkap. Baik, mungkin cukup sekian untuk pembasah resep kali ini, baca juga resep kue basah kami lainnya, seperti Resep Kue Bingka dan Resep Kue Mendut ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :