Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Semar Mendem Khas Solo Paling Enak

Resep Semar Mendem - Semar Mendem adalah sebuah jajanan tradisional yang diketahui berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Semar mendem ini sekilas memang mirip sekali dengan makanan yang biasa di sebut lemper. Yang membedakan dari kedua makanan tersebut adalah, jika lemper dibungkus menggunakan daun pisang, lain halnya dengan semar mendem ini, karena semar mendem ini dibungkus menggunakan adonan tepung yang dicampurkan bersama dengan telur ayam. Rasa dari semar mendem ini memang sangat enak, pada bagian kulitnya sangat terasa sekali campuran telur ayamnya, dan pada bagian isinya juga sangat enak, karena kami menggunakan bahan isian yaitu abon.

Semar mendem ini juga sering kali dijumpai pada acara-acara arisan, hajatan, atau pernikahan kampung. Karena, semar mendem ini sangatlah cocok untuk dijadikan menjadi menu sajian ketika banyak sekali orang berkumpul. Bahan utamanya yang terbuat dari beras ketan juga membuat semar mendem ini cukup bisa untuk mengisi perut.

Resep Semar Mendem

Resep Semar Mendem

Walaupun cara membuat semar mendem ini terbilang cukup mudah, namun anda juga harus tetap teliti dan fokus dalam membuatnya. Sebab, salah langkah sedikit akan sangat berpengaruh akan citarasa yang dihasilkan. Baik, tanpa berlama-lama lagi, silahkan anda simak saja mengenai resep dan cara membuat semar mendem di bawah ini.

Bahan:
  • 1/2 kilogram beras ketan berkualitas
  • 200 mili santan segar
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasr
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • Secukupnya abon sapi atau ayam untuk isian
Bahan Kulit:
  • 3 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 25 mili air hangat
Cara Membuat Semar Mendem:
  1. Cuci beras ketan hingga bersih, lalu rendam dalam air selama 1 jam.
  2. Kukus beras ketan didalam panci hingga matang, angkat.
  3. Didihkan santan, daun salam, garam, gula pasir, dan penyedap rasa hingga mendidih, angkat.
  4. Tuangkan santan mendidih datas beras ketan, diamkan hingga santan meresap kedalam beras ketan.
  5. Kukus kembali beras ketan didalam panci selama kurang lebih 30 menit, angkat, dinginkan.
  6. Campurkan semua bahan kulit, lalu aduk-aduk saja hingga semua tercampur dengan rata.
  7. Siapkan teflon, oles tipis menggunakan mentega, kemudian tuangi dengan adonan telur, ratakan, tunggu hingga pinggirnya kering dan mengelupas, angkat.
  8. Ambil sedikit adonan beras ketan, pipihkan, isi dengan abon, tutup, lalu bentuk bulat lonjong. Bungkus dengan kulit, tutup, lalu lipat-lipat, dan gulung. Lakukan cara ini hingga habis.
  9. Terakhir sajikan semar mendem.

Bagaimana menurut anda mengenai resep semar mendem khas solo paling enak diatas? Pasti jika anda baru pertama kali membuatnya akan terlihat cukup sulit, tapi tentang, karena jika anda membuatnya dengan teliti dan mengikuti resepnya dengan benar, pasti hasilnya akan bisa memuaskan. Baik, mungkin itu saja mengenai resep kali ini, semoga bisa membantu anda. Baca juga resep kami lainnya yang enak, seperti Resep Dadar Gulung dan Resep Kue Mendut ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :