Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Lotek Spesial Khas Bandung Paling Enak

Resep Lotek Spesial Khas Bandung - Lotek merupakan salah satu kuliner tradisional asli Indonesia yang berasal dari kota Bandung. Seiring berjalannya waktu, lotek ini mulai tersebar ke daerah-daerah jawa barat, jawa tengah, hingga jawa timur. Wajar saja jika memang begitu, sebab rasa dari lotek yang berisikan berbagai macam sayur dengan campuran bumbu kacang kental ini memang sangatlah enak. Penggemar dari lotek ini sendiri sangatlah banyak, mulai dari para remaja, orang dewasa, bahkan hingga anak-anak kecil pun menyukai lotek ini.

Sekilas tampilan dari lotek ini memang sangat mirip sekali dengan pecel, namun yang membedakan adalah bumbu kacang yang kental itu. Bumbu kental dari lotek ini sendiri paling enak jika dengan rasa yang pedas. Jika kita lihat dari bahan-bahan yang digunakan, tentunya lotek ini sangatlah bagus untuk tubuh, mengingat sayur-sayuran segar yang ada di dalam bahan lotek ini memiliki cukup banyak kandungan gizi. Jika anda masih berada di pulau jawa, untuk mendapatkan makanan lotek sayur ini terbilang cukup mudah, namun jika anda berada disini, tentunya anda ingin membuatnya sendiri dirumah bukan?

Resep Lotek Khas Bandung

Resep Lotek

Lotek ini paling cocok dijadikan menjadi menu makan siang, karena sayuran yang segar yang dicampurkan dengan bumbu kacang ini juga sangat pas jika dicampur bersama dengan lontong. Baik, mungkin langsung saja bagi anda yang sudah tidak sabar karena ingin mencoba membuat masakan lotek khas bandung ini. Akan langsung kami bagikan saja mengenai resep dan cara membuatnya, jadi tugas kalian adalah menyimak langkah-langkahnya dengan baik dan benar yah, supaya hasil akhirnya bisa memuaskan dan maksimal. Silahkan simak berikut ini.

Bahan lotek:
  • 1 ikat bayam
  • 3 buah tahu putih goreng, potong-potong
  • 10 lembar daun melinjo
  • 3 batang kacang panjang, potong sepanjang korek api
  • 1 buah ketimun, iris tipis
Bumbu Kacang:
  • 200 gram kacang tanah goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 4 sendok makan air asam jawa
  • 1/2 gula merah
  • 3 cm kencur
  • 1 sendok teh garam
  • secukupnya air panas
Cara Membuat Lotek Khas Bandung:
  1. Rebus bayam, daun melinjo, dan kacang panjang hingga matang, angkat, tiriskan.
  2. Haluskan kacang tanah, bawang putih, dan kencur hingga benar-benar halus.
  3. Tambahkan gula merah dan garam, aduk-aduk merata, tuangi dengan air panas, aduk-aduk hingga dirasa cukup kental. Masukan timun, daun melinjo, bayam, tahu putih, dan kacang panjang, aduk bersama dengan bumbu kacang kental.
  4. Sajikan lotek dalam piring saji.

Baik, selesai sudah kita dalam membuat lotek khas bandung ini. Lotek ini enaknya langsung disantap ketika dicampurkan bersama dengan bumbu kacangnya, karena jika bumbu sudah kering, kelezatannya akan sedikit berkurang. Untuk melengkapi sajian lotek kali ini, anda juga bisa menambahkan kerupuk kecil atau beberapa buah gorengan yang lezat. Baik, mungkin segitu saja ulasan kami mengenai resep lotek ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Coba juga Resep Tumis Kangkung Sederhana kami ini, dijamin rasanya enak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :