Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Kue Semprong Renyah Manis Sangat Enak

Resep Kue Semprong Renyah - Semprong ini termasuk dalam kategory kue kering yang memiliki rasa manis dengan tekstur renyah. Berbeda dengan kue kering lainnya, kue semprong ini cukup populer di tanah jawa, sebab, konon katanya semprong ini tercipta oleh tangan orang jawa. Walaupun begitu, kue semprong ini tidak kalah enaknya jika dibandingkan dengan kue kering lainnya, dan itu bisa dibuktikan dari betapa banyaknya yang menyandingkan kue semprong ini sejajar dengan kue lainnya untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah ketika lebaran.

Jika kita lihat lebih jelas mengenai penampilan dari kue semprong ini memang sekilas terlihat sederhana. Ya benar, karena bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue semprong juga sangat sederhana, hanya dibutuhkan tepung yang dicampurkan dengan bahan lainnya yang membuat rasanya menjadi enak. Jika kita membuat kue semprong ini dengan bahan yang sederhana, tentunya dalam cara membuatnya juga mudah dan sederhana, bahkan tidak dibutuhkan waktu banyak untuk membuat kue semprong ini.

Resep Kue Semprong

Resep Kue Semprong

Resep Kue Semprong ini memang mudah untuk dibuat, namun anda harus tetap teliti dan fokus ketika membuatnya, supaya hasilnya akan tetap enak, renyah dan lezat. Baik, dari pada kita terlalu lama membahas kue semprong ini, lebih baik anda simak saja di bawah ini mengenai cara membuatnya.

Bahan:
  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung sagu
  • 180 gram gula pasir
  • 3 butir telur ayam
  • 60 gram mentega yang sudah dicairkan
  • 50 gram biji wijen, sangrai saja
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 mili santan kental
Cara Membuat Kue Semprong:
  1. Campurkan telur ayam dan juga gula pasir, kemudian kocok menggunaka mixer hingga mengembang dan berbusa.
  2. Masukan tepung beras dan tepung sagu, aduk-aduk hingga merata. Tambahkan mentega cair, wijen, dan garam, aduk-aduk lagi hingga merata.
  3. Tuangi dengan santan kental sedikit-sedikit sambil terus aduk adonan hingga bahan tercampur dengan rata.
  4. Panaskan cetakan kue semprong diatas kompor, ambil sedikit adonan kue semprong, lalu tuangkan diatas cetakan, tunggu hingga setengah matang, bolak-balik dan masak hingga kue semprong kering dan matang, angkat. Gulung kue semprong selagi panas menggunakan lidi. Lakukan cara ini hingga adonan habis.
  5. Masukan kue semprong kedalam toples kedap udara.

Bagaimana sob, mudah sekali bukan dalam membuat kue kering semprong ini? Memang banyak sekali diluaran sana mengenai variasi dalam membuat kue semprong ini, seperti menambahkannya coklat atau keju kedalam bahan adonan nya. Tapi, menurut kami akan lebih enak jika dibuat dengan ala kadarnya. Baik, mungkin itu saja yang bisa kami berikan mengenai kue semprong ini kepada anda, semoga bisa bermanfaat ya. Baca juga resep kue kering kami sebelumnya yang sudah kami bagikan, yaitu Resep Kue Sagu Keju dan Resep Kue Akar Kelapa ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :