Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Telur Asin Masir Asli Brebes Paling Enak

Resep Telur Asin Masir - Telur asin adalah salah satu dari banyaknya makanan tadisional yang ada di Indonesia. Rasanya sangat enak, dan yang pasti adalah asin. Telur asin ini sendiri ini berasal dari kota Brebes, Jawa Timur. Jadi, bagi anda yang tinggal di kota tersebut, pasti sudah bosan dengan rasanya dan pastinya anda sudah sangat hafal bagimana cara membuatnya.

Telur asin yang enak itu bisa dibedakan dari yang masir dan tidak, kemudian jika kuning telurnya itu berminyak. Jika anda bingung masir itu apa, masir adalah kata yang disebutkan untuk kuning telur pada telur asin ini, jika telur asin yang masir kuning telurnya saat dimakan akan terasa seperti anda memakan pasir, ya kira-kira begitulah kurang lebihnya. Telur Asin yang ada di jawa ini biasanya dibuak dari telur bebek yang memiliki cangkang yang lumayan keras, namun ada juga yang menggunakan dengan telur itik untuk membuat Resep Telur Asin ini.

resep telur asin

Resep Telur Asin

Untuk mendapatkan telur asin ini sebenarnya mudah, mungkin ada beberapa warung atau pasar tradisional di daerah anda yang menjual makanan ini. Namun, jika anda sedang membaca artikel ini, pasti anda ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah. Baik, tanpa berlama-lama lagi, akan kami tulis resepnya dibawah ini, siapkan buku catatan terlebih dahulu untuk mencatat bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah membuatnya.

Bahan:
  • 10 buah telur bebek
  • 1/2 kilogram garam
  • Batu bata
  • Air Secukupnya
Cara Membuat Telur Asin:
  1. Langkah pertama adalah, masukan semua telur kedalam air, gosok-gosok pelan menggunakan amplas hingga dirasa sudah cukup, bersihkan lagi didalam air, angkat.
  2. Siapkan wadah yang cukup, isi dengan air secukupnya, garam, lalu batu bata yang sudah dihaluskan.
  3. Masukan telur asin kedalam wadah tersebut, tutup secara rapat.
  4. Diamkan telur selama 10 hari atau jika mau bisa 12 hari. Kemudian angkat dan bersihkan.
  5. Siapkan panci kukus, kukus telur asin ini hingga matang, angkat.
  6. Telur asin siap disantap kapan saja.

Ya, Setelah lama menunggu untuk membuat telur asin ini, akhirnya anda telah berhasil membuatnya. Walaupun telur asin ini disantap hanya dengan nasi putih, namun rasanya akan tetap spesial dan lezat. Telur asin ini juga cukup bisa bertahan lama, kurang lebih selama 25 hari, jadi anda bisa menyantapnya kapan saja selagi anda mau. Baca juga resep menarik dari kami lainnya yah seperti Resep Pentol Goreng ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :