Kumpulan Aneka Resep Masakan Praktis Indonesia

Resep Membuat Tempe Mendoan Paling Enak

Resep Membuat Tempe Mendoan - Makanan yang atau bisa disebut juga gorengan ini adalah salah satu makanan yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Namun tidak hanya banyumas saja, mendoan ini juga banyak dikenal berasal dari Purwokerto maupun Cilacap. Tidak heran memang, mengigat daerah-daerah tersebut masih diwilayah yang sama yaitu jawa tengah dan sangat terkenal dengan logat medoknya. Mendoan ini juga kerap kita jumpai diwarung-warung makan dipinggir jalan dan ada juga para pedagang malam yang menjualnya untuk dijadikan cemilan ketika sedang mengobrol bersama para teman-teman.

Mendoan ini juga paling enak disantap bersama dengan cabai rawit hijau atau bisa juga dengan sambal kecap. Tidak ketinggalan juga nasi ketan dengan parutan kelapa yang gurih untuk dijadikan sebagai pelengkap bersama dengan tempe mendoan ini. Rasa dari tempe mendoan ini sendiri sangat lah enak dan gurih. Tekstur dari tempe mendoan juga ada dua jenis, yaitu bisa lembek dan kering. Mengapa begitu? Karena biasanya tempe mendoan ini digoreng mendo (setengah matang) atau hingga kering, tergantung sesuai selera.

resep tempe mendoan

Resep Tempe Mendoan

Nama Tempe Mendoan ini sendiri tercipta karena cara membuatnya itu digoreng dengan setengah matang (mendo) dan terciptalah tempe mendoan. Untuk mendapatkan makanan atau gorengan satu ini juga terbilang mudah jika kita masih berada di pulau jawa, karena tempe mendoan ini sendiri sudah banyak sekali dikenal oleh masyarakat. Namun, jika anda berada disini pastinya anda ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah bukan? Baik, tanpa berlama-lama lagi dibawah ini sudah kami tulis secara lengkap mulai dari bahan dan bumbu yang dibutuhkan hingga proses cara membuatnya. Silahkan kalian perhatikan dan langsung coba membuatnya sendiri.

Bahan:
  • 300 gram tempe besar, diiris-iris tipis melebar
  • 2 batang daun bawang, potong-potong saja
  • 150 gram tepung terigu
  • 250 mili air matang
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus:
  • 2 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kencur
Sambal Kecap (Aduk Merata Semua)
  • 8 buah cabai rawit merah, haluskan
  • 6 sendok makan kecap kental manis
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
Cara Membuat Tempe Mendoan:
  1. Langkah pertama adalah campurkan tepung terigu, air, bumbu halus, dan daun bawang. Aduk-aduk merata hingga adonan tepung terlihat encer.
  2. Panaskan minyak dalam wajan hingga benar-benar panas, lalu celupkan tempe kedalam adonan tepung, bolak-balik hingga merata, kemudian masukan dan goreng didalam minyak panas. Jika dirasa tempe sudah cukup matang sesuai selera anda, angkat, tempe mendoan, tiriskan.
  3. Sajikan tempe mendoan dengan sambal kecap.

Ya begitulah kira-kira mengenai resep dari tempe mendoan ini. Tempe mendoan ini selain enak disantap bersama dengan nasi ketan, disantap dengan nasi putih dan juga sambal kecap itu juga tidak kalah enaknya, terlebih lagi jika anda menyukai rasa pedas. Nah, saya kira cukup sampai disini saja, jika menurut anda resep ini bermanfaat, silahkan bagikan keseluruh teman anda di sosial media. Dan jangan lupa baca juga resep menarik kami lainnya seperti Resep Pisang Goreng Kremes, Resep Pentol Goreng, dan Resep Pizza Tahu ala Rumahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related Posts :